Memperbaiki Kualitas Layanan Perijinan di Kota Makassar
Pengarang | Tim UNfGI
UNfGI (University Network for Governance Innovation) adalah jaringan kerjasama Fisipol UGM dengan beberapa universitas di Indonesia terkait pengembangan inovasi tatakelola pemerintahan dan pelayanan publik
|
|
ISBN | – | |
Bahasa | Indonesia | |
Halaman | 4 | |
Tahun | 2013 |
Daya saing daerah bisa tercipta dan ditingkatkan jika sejumlah prasyarat kunci dipenuhi. Salah satunya adalah semakin baiknya pelayanan perijinan. Dalam konteks ini penyelenggaraan pelayanan perijinan yang terpadu mutlak diperlukan. Tuntutan ini juga dihadapi Kota Makassar Sulewesi Selatan, sebagai salah satu sentra perekonomian kunci untuk wilayah timur Indonesia. Pemda Kota Makassar dengan cepat menginisiasi pelayanan terpadu (One Stop Service, OSS) dalam sektor perijinan. Kemudian bekerja sama dengan berbagai pihak diantaranya Canadian International Development Agency (CIDA), Bandung Trust Advisory Group (B-trust) dan Indonesian Netherland Association (INA) untuk mengawal proses pelembagaan dan bantuan teknis. Format kelembagaan yang digunakan hingga saat ini adalah Kantor Pelayanan Administrasi Perijinan (KPAP).
Unduh: |
Policy Brief – Memperbaiki Kualitas Layanan Perijinan di Kota Makassar.pdf |
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!