Laporan

Analisis Stakeholder Bidang Ekonomi Dan Kesehatan Kota Probolinggo

Pengarang Tim UNfGI

UNfGI (University Network for Governance Innovation) adalah jaringan kerjasama Fisipol UGM dengan beberapa universitas di Indonesia terkait pengembangan inovasi tatakelola pemerintahan dan pelayanan publik.
ISBN
Bahasa Indonesia
Halaman 74
Tahun 2011

Kota Probolinggo adalah wilayah urban dengan karakter masyarakat perkotaan yang dinamis dengan struktur masyarakat yang heterogen dengan luasan wilayah yang sempit. Struktur geografis yang menguntungkan ini membuat Probolinggo tidak mengalami masalah berkaitan dengan akses pendidikan dan kesehatan karena jarak dan kondisi alam bukan merupakan bagian dari masalah.

Hasil studi untuk bidang kesehatan menunjukkan pemetaan stakeholder di Kota Probolinggo berdasarkan peta power dan interest. IDI dan media memiliki power dan interest lemah. Sedangkan Forum Kota Sehat, Forum Kelurahan Siaga, PKK, dan Posyandu memiliki power rendah tetapi interest yang tinggi. Sedangkan bidan, IBI, Puskesmas dan dokter menunjukkan derajad pengaruh yang tinggi, karena interest mereka tinggi, tetapi tidak memiliki kekuatan terlalu besar. Kekuatan akumulasi power dan interst yang tinggi tetap berada di struktur pemerintahan yaitu Dinas, Walikota dan entitas bisnis yang berperan dalam wujud CSR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *