Laporan

Analisis Stakeholder Bidang Ekonomi Dan Kesehatan Kabupaten Tulungagung

Pengarang Tim UNfGI

UNfGI (University Network for Governance Innovation) adalah jaringan kerjasama Fisipol UGM dengan beberapa universitas di Indonesia terkait pengembangan inovasi tatakelola pemerintahan dan pelayanan publik.
ISBN
Bahasa Indonesia
Halaman 91
Tahun 2011

Kajian inovasi bidang ekonomi berupa pelayanan satu pintu yang dilakukan di Kabupaten Tulungagung sudah menunjukkan kemajuan yang dilakukan oleh BPPT (Badan Pelayanan Perijinan Terpadu). Berbagai inovasi dalam proses perijinan satu pintu sudah banyak dilakukan oleh BPPT seperti keberadaan tim teknis yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan perijinan, keberadaan web site BPPT yang memuat berbagai informasi mengenai jenis dan prosedur pelayanan perijinan di BPPT, adanya mekanisme pengaduan melalui call center ataupun konsumen dapat langsung ke BPPT lewat kotak saran yang disediakan di depan pintu masuk kantor dan pelayanan jemput bola.

Meskipun demikian, pelayanan perijinan masih terdapat kelemahan misalnya masih belum adanya kepastian waktu penyelesaian perijinan, keterbatasan sarana dan prasarana pendukung pelayanan perijinan, terbatasnya sarana informasi pelayanan perijinan, kurangnya kesadaran masyarakat mengenai formalitas dan legalitas usaha dalam bentuk surat ijin serta lemahnya penegakan hukum terhadap usaha yang tidak memiliki ijin.

Dari hasil analisis stakeholder menunjukkan bahwa masih terjadi dominasi dalam proses kebijakan di elit-elit politik seperti emerintah, BPPT, Bappeda dan Bupati. Proses komunikasi dengan asosiasi-asosiasi bisnis seperti HIPMI, IWAPI, dan KADIN belum berjalan secara baik. Demikian juga dengan media massa seperti Radio Perkasa, Radar Tulungagung dan sebagainya. Hal ini akhirnya mengakibatkan CSO-CSO ini tidak memiliki kekuatan dalam mendorong inovasi perijinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *