Kabar

Seminar “Mewujudkan Profesionalisme Manajemen BUMD”

PPKK Fisipol UGM bekerja sama dengan Badan Kerja Sama BUMD seluruh Indonesia (BKSBUMDSI) menyelenggarakan Seminar “Mewujudkan Profesionalisme Manajemen BUMD” pada 10 April 2017 di Ruang Seminar Timur Fisipol UGM. Seminar dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan dan SDM Fisipol UGM, Dr. Nurhadi K. Sutrisno diikuti 110 peserta dari perwakilan pemerintah daerah, pengelola BUMD dan mahasiswa.


Seminar ini bertujuan mengidentifikasi kelemahan-kelemahan regulasi yang menghambat perwujudan profesionalisme manajemen BUMD serta memberikan celah dalam upaya mempolitisasi BUMD. Merumuskan formula yang tepat agar pengelola BUMD, aparat penegak hukum, pemerintah, dan DPRD memiliki pemahaman yang sama mengenai pentingnya business judgement rule demi membangun profesionalitas BUMD. Dan, agar semangat pemberantasan korupsi dapat terwujud sehingga menghasilkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan akuntabel.

Pembicara yang dihadirkan dalam seminar ini adalah Dr. Refly Harun, SH, L.LM (pakar hukum tata negara), Dr. Suwarsono Muhammad, MA (mantan penasihat KPK), Richo Andi Wibowo, SH, L.LM, Ph.D (dosen FH UGM), dan Dr. Phil. Gabriel Lele, M.Si (dosen Kebijakan Publik Fisipol UGM). Makalah para pembicara dapat diunduh diakhir artikel ini.

Unduh:
Gabriel Lele – Profesionlisasi Pengelolaan BUMD
Refly Harun – Pengelolaan BUMD Berbentuk PT dan Tindak Pidana Korupsi
Suwarsono Muhammad – Strategi Penyehatan BUMD-Revolusi Ala Birokrat
Richo Andi Wibowo – Tanggung Jawab Hukum Direksi BUMND-Masalah dan Solusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *