Kabar

Seleksi Guru Perintis/Penggerak Kabupaten Puncak

Panitia rekrutmen Guru Perintis/Penggerak telah menyelesaikan proses seleksi tahap pertama yaitu seleksi administrasi. Seleksi administrasi merupakan proses penyaringan pelamar berdasarkan penilaian terhadap kelengkapan dokumen, persyaratan indeks prestasi komulatif (IPK), essay dan kesesuaian dengan bidang studi yang dibutuhkan. Seleksi tahap pertama ini berhasil menjaring sejumlah 327 orang dari total 410 pelamar. Pelamar guru perintis berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, dengan pelamar terbanyak berasal dari Sulawesi Selatan. Informasi nama-nama pelamar yang lolos seleksi administrasi dapat dilihat di website Pokja Papua UGM dengan alamat http://pokjapapua.blog.ugm.ac.id.


Pelamar guru perintis yang lolos seleksi administrasi diwajibkan untuk mengikuti proses seleksi tahap kedua. Pelaksanaan seleksi tahap kedua akan dilakukan di beberapa kota besar yaitu Yogyakarta, Medan, Makassar dan Jayapura. Untuk seleksi di Yogyakarta, panitia menyelenggarakannya di FISIPOL UGM. Format penyaringan meliputi tes wawancara, psikotes, tes tertulis dan microteaching. Tim seleksi terdiri dari guru-guru bidang studi, panitia rekrutmen dan psikolog. Proses seleksi akan dilaksanakan sesuai jadwal berikut:

Tanggal Seleksi Tempat Seleksi Asal Pelamar
6-7 Desember 2014 Yogyakarta Jawa, NTB, dan NTT
9 Desember 2014 Jayapura Papua dan Papua Barat
11 Desember 2014 Medan Sumatera
10-11 Desember 2014 Makassar Kalimantan dan Sulawesi

Para pelamar yang lolos seleksi tahap kedua adalah mereka yang nantinya diberangkatkan ke Kabupaten Puncak Papua sebagai Guru Perintis. Para Guru Perintis tersebut akan menjadi bagian dari upaya peningkatan pendidikan di Kabupaten Puncak, yang merupakan daerah 3T. Sebelum diberangkatkan ke Puncak Papua, para guru perintis akan menjalani pembekalan dan pengarahan di Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *