Kabar

Rekrutmen Guru Daerah Terpencil di Kabupaten Puncak Papua 2015

Pemerintah Kabupaten Puncak menjalin kerjasama dengan Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kerjasama (PPKK)Fisipol UGM dan Pokja Papua UGM Yogyakarta untuk mengadakan Program Rekrutmen Guru Perintis. Rekrutmen ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan guru di Kabupaten Puncak dalam upaya mempercepat peningkatan akses pendidikan di sana. Sejak dimekarkan dari Kabupaten Puncak Jaya pada tahun 2008, daerah ini masih menghadapi persoalan kekurangan tenaga guru. Rasio guru dan murid di Puncak masih jauh dibandingkan dengan rasio sesuai Standar Pelayanan Minimum (SPM).


Program Guru Perintis diadakan pertama kali pada tahun 2013 lalu. Sejumlah 33 orang Guru Perintis yang terseleksi sudah bertugas di Puncak sejak Oktober 2013. Mereka tersebar di 3 distrik yaitu Ilaga, Beoga dan Sinak. Kehadiran guru perintis sudah mampu meningkatkan kelancaran proses belajar mengajar yang sebelumnya tersendat akibat kurangnya jumlah guru. Menimbang hasil dan manfaat yang sudah terlihat dari program Guru Perintis 2013, Pemkab Puncak, PPKK Fisipol UGM dan Pokja Papua UGM kembali membuka rekrutmen Guru Perintis 2014/2015.

Panitia Rekrutmen Guru Perintis 2014/2015 membuka kesempatan kepada para sarjana kependidikan maupun sarjana non kependidikan untuk melamar posisi guru yang nantinya akan ditempatkan di seluruh distrik di Kabupaten Puncak. Jumlah guru yang dibutuhkan  adalah 60 orang, untuk mengajar di jenjang PAUD/TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Bidang-bidang studi yang masuk menjadi kualifikasi antara lain:  Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Komputer/IT, Geografi, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga, Seni dan Budaya, Pertanian (Agronomi dan Agrobisnis), dan Perkebunan.

Pendaftaran rekrutmen Guru Perintis dibuka mulai tanggal 22 Oktober 2014 dan ditutup pada tanggal 19 November 2014. Persyaratan dan ketentuan lengkap serta formulir aplikasi lamaran dapat dibaca dan diunduh di www.pokjapapua.blog.ugm.ac.id.

Aplikasi lamaran ditujukan kepada Panitia Rekrutmen Guru Perintis 2014/2015 dengan alamat sekretariat Rekrutmen Guru Perintis 2014/2015 di PPKK Fisipol UGM, Jalan Socio Justicia No. 2 Bulaksumur, Yogyakarta 55281, atau bisa juga dikirim ke alamat email pokjapapua@ugm.ac.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *