Kabar

Percepatan Pembangunan Kabupaten Intan Jaya melalui Perencanaan Kebijakan Berbasis Riset

Pemerintah Daerah Kabupaten Intan Jaya kembali bekerja sama dengan PPKK FISIPOL UGM untuk melakukan kajian perencanaan daerah. Tahun 2016 ini, kerjasama antara Pemda Intan Jaya dengan PPKK FISIPOL UGM meliputi lima kajian yaitu kajian pembangunan ekonomi, pembangunan pendidikan, kawasan strategis cepat tumbuh, rencana detail tata ruang pariwisata dan pemetaan kawasan rawan bencana.


Untuk melakukan kajian-kajian tersebut, PPKK FISIPOL UGM melibatkan beberapa dosen dan peneliti yang ahli di masing-masing bidang tersebut. Dalam riset lapangan dan penyusunan dokumen perencanaan kali ini PPKK FISIPOL kembali bekerja sama dengan dosen dan peneliti dari fakultas-fakultas di luar FISIPOL seperti Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Geografi dan Fakultas Teknik.

 

Tim PPKK FISIPOL melakukan riset dan pengumpulan data ke Kabupaten Intan Jaya pada 19-25 Juli 2016. Selama rentang waktu tersebut, para peneliti PPKK FISIPOL melakukan eksplorasi data melalui observasi, wawancara dan focussed group discussion (FGD) di Distrik Sugapa, Distrik Homeyo dan Distrik Hitadipa. Khusus untuk kajian pemetaan bencana dan rencana detail tata ruang pariwisata, tim peneliti juga harus melakukan pemetaan partisipatoris (participatory mapping) – dengan diantar oleh porter dan tokoh masyarakat setempat – dengan berjalan kaki ke pelosok distrik dalam rangka menentukan titik-titik koordinat dan eksplorasi jalur pendakian menuju Puncak Carstenzs.

Data-data hasil riset lapangan tersebut nantinya akan dijadikan basis perumusan kebijakan yang tertuang ke dalam dokumen perencanaan yang berfungsi sebagai pedoman arah pembangunan Kabupaten Intan Jaya terutama dalam sektor ekonomi, pendidikan dan pariwisata dengan dukungan mitigasi bencana yang kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *