Kabar

Kajian Penyusunan Indikator Kemiskinan dan Penanggulangan Kemiskinan Daerah di Kabupaten Paser

Tim Peneliti PPKK mengawali kajian dengan studi literatur untuk menghimpun informasi kemiskinan dan kualitas hidup masyarakat Paser. Studi literatur ini juga meliputi telaah terhadap berbagai standar pengukuran kemiskinan yang dikeluarkan oleh Bank Dunia, BPS, Bappenas dan BKKBN. Selanjutnya Tim Peneliti melalukan riset lapangan selama 3 hari pada 26 hingga 28 November 2013. Riset lapangan diawali dengan kegiatan FGD dengan para aparat dari berbagai SKPD dan wawancara mendalam dengan beberapa kepala dinas dan lembaga terkait.


Tim Peneliti kemudian melakukan observasi ke beberapa kecamatan yang menjadi kantong-kantong kemiskinan di wilayah pedalaman dan wilayah pesisir Kabupaten Paser. Selain itu, Tim Peneliti juga melakukan diskusi dengan Bupati Paser, wawancara dengan beberapa aparat pemerintahan, tokoh masyarakat, para pelaku ekonomi lokal, dan para pedagang pasar di Tana Paser.

Hasil kajian tersebut dipublikasikan dalam bentuk laporan akhir yang memuat indikator kemiskinan berupa instrumen survei untuk mengukur kemiskinan di Paser. Laporan akhir tersebut juga memuat strategi penanggulangan kemiskinan daerah yang kontekstual dengan kondisi sosial-ekonomi masyarakat Kabupaten paser.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *