Kabar

Diklat Penyusunan RPJMD/Renstra SKPD Oktober 2015

Sehubungan dengan akan diberlangsungnya Pilkada serentak bulan Desember 2015, dan merujuk Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, PPKK Fisipol UGM kembali menyelenggarakan Diklat Reguler Penyusunan RPJMD/Renstra SKPD. Diklat dilaksanakan dari 5 hingga 8 Oktober 2015 di Yogyakarta, diikuti 39 peserta yang merupakan para aparatur sipil negara dari berbagai SKPD di berbagai provinisi, kabupaten,dan kota di Indonesia.


Peserta terbanyak berasal dari Kabupaten Wonogiri dengan 6 peserta, disusul Kabupaten Nunukan (5), Kota Salatiga (4), dan Provinsi Bali (3). Kemudian Kabupaten Bungo, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Rembang, Kabupaten Sragen, dan Provinsi Aceh masing-masing 2 peserta. Serta Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Biak Numfor,  Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Langkat, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tuban, Kota Banjarbaru, Kota Denpasar, Kota Tasikmalaya, dan Provinsi Jawa Timur masing-masing dengan 1 peserta.

Pemateri diklat adalah para pakar dari FISIPOL UGM, KemenPANRB, Bappenas RI dan Bappeda Provinsi DIY. Seperti desain sebelumnya, PPKK FISIPOL tetap merancang kelas yang interaktif dan menuntut keaktifan peserta. Peserta juga diajak ke Bappeda Provinsi DIY untuk melihat proses perencanaan di Provinsi DIY. Untuk menghilangkan kepenatan dalam diklat, peserta diajak mengikuti Lava Tour di lereng Gunung Merapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *